TUJUAN MANUAL KEARSIPAN

Dibuatnya atau diciptakannya suatu petunjuk atau manual kearsipan tentunya mempunyai tujuan yang sangat penting. Karena dengan tanpa adanya suatu petunjuk atau manual tata kelola kearsipan, tidaklah akan mungkin tercapai suatu standar atas pengelolaan kearsipan.

Tujuan dari diciptakannya manual kearsipan bisa dirinci sebagai berikut :
  1. Adanya standarisasi dan keseragaman dari seluruh unit kerja yang ada pada organisasi yang bersangkutan dalam menjalankan kegiatan kearsipan.
  2. Adanya gambaran yang jelas mengenai tujuan dari masing-masing program kearsipan, misalnya prosedur pengelolaan surat mempunyai tujuan tidak hanya penyampaian surat secara cepat, tepat dan aman, tetapi juga agar adanya efisiensi.
  3. Menetapkan tugas, wewenang dan tanggung jawab dari pengelola kegiatan kearsipan, misalnya tugas dan tanggung jawab unit kearsipan, tugas dan tanggung jawab unit pengelolaan, tugas dan tanggung jawab tata usaha unit pengolahan, wewenang pembinaan sistem kearsipan, dan lain-lain.
  4. Mempersiapkan dan memprogramkan kemungkinan dari kebijakan dan prosedur kerja yang ada sebelumnya ke arah penyempurnaan.
Dengan diciptakannya petunjuk atau manual kearsipan, tentu akan diperoleh keuntungan-keuntungan yang akan sangat membantu bagi unit-unit organisasi ataupun juga bagi pelaku di lapangan. 

Untuk mengetahui apa saja keuntungan dari adanya petunjuk atau manual kearsipan, silakan klik DI SINI! 
Advertisement

0 Comments


EmoticonEmoticon