INGIN MENERBITKAN BUKU KARYA SENDIRI, BEGINI CARANYA



Menerbitkan buku adalah suatu keinginan yang terkadang timbul di pikiran kita untuk menyalurkan bakat dan minat, namun juga bisa digunakan untuk menyampaikan gagasan atau ide yang mungkin bisa bermanfaat untuk pembaca. Di samping itu juga bisa digunakan untuk menyampaikan pengalaman-pengalaman yang telah didapat selam ini, untuk bisa dijadikan sebagai motivasi atau juga sebagai panduan dan pegangan bagi yang ingin mengikuti atas pengalaman tersebut.
Berikut ini saya adalah komunikasi saya dengan penerbit buku, yang juga memberikan panduan-panduan dan juga analisa biaya yang diperlukan untuk menerbitkan suatu buku hasil karya kita sendiri. Mungkin dengan ini, akan membuka wawasan kita tentang dunia penerbitan buku dan juga kemungkinan akan memotivasi kita untuk menuliskan atas pengalaman-pengalaman yang selama ini telah kita peroleh, untuk dijadikan bahan bacaan dan menambah khasanah keilmuan kita. Bisa buku-buku ilmu pengetahuan atau juga fiksi, seperti novel dan lain-lain. Semoga bermanfaat.
Penerbit Buku Pendidikan Deepublish, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penerbitan dan percetakan buku. Perusahaan kami telah banyak menerbitkan buku bahan ajar dan mencetak berbagai macam jenis keperluan akademik (seperti: buku bahan ajar, buku referensi, jurnal, modul, dll.) di berbagai universitas terkemuka di Indonesia dan juga buku - buku fiksi seperti cerpen, novel, dan puisi. Sebelumnya kami ucapkan terimakasih atas apresiasinya mengunjungi website kami untuk berpartisipasi menjadi penulis ataupun mendownload e-book kami.
Kami spesialis menerbitkan buku pendidikan perguruan tinggi, untuk buku umum juga bisa kami bantu penerbitannya. Namun, sebelumnya kami informasikan karena penjualan kami secara direct selling (tidak melalui toko buku), jadi paling tidak penulis sudah memiliki jaringan untuk memasarkan buku tersebut. Penerbit Deepublish tetap ikut andil dalam proses pemasaran buku penulis (pasar sekunder) yang dipasarkan secara online melalui website resmi, marketplace (Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Instagram), E-book (EJakarta dan Google Play Books) dan juga katalog buku Penerbit Deepublish.
​Berikut kami jelaskan prosedur penerbitan kami, yakni: 
1. Pengisian formulir penulisformulir spesifikasi buku dan MOU yang telah kami lampirkan. Formulir penulis, formulir spesifikasi buku, dan MOU yang sudah diisi dikirimkan ke kami melalui email untuk kami cek.
2. Pengiriman formulir-formulir dan naskah buku (dalam bentuk Ms.word) yang sudah siap ke email cs2deepublish@gmail.com. Kemudian, PIC akan mengkonfirmasi kepada calon penulis terkait pengisian formulir dan naskah buku.
3. Selanjutnya, kami akan mengirimkan MOU hardfile (melalui pos) untuk ditandatangani oleh penulis dan kedua saksi. Setelah ketiga tanda tangan terisi, penulis mengirimkan kembali satu MOU ke alamat Penerbit Deepublish.
4. Naskah yang sudah kami terima akan kami proses di Bagian Produksi. Rentang proses produksi paling cepat 2 bulan (tergantung antrian) yang terdiri dari proses layoutingdesain coverproses ISBN, sampai cetak sampel. Semua proses ini tidak dikenakan biaya.
5. Sampel (soft file) akan kami kirim (via email dummy.deepublish@gmail.com) kepada penulis untuk direvisi apakah sudah sesuai atau belum. Revisi mayor maksimal 2 kali revisi, selebihnya dikenakan charge revisi.
6. Penulis menuliskan poin-poin revisi pada lembar revisi yang sudah kami lampirkan dan kemudian dikirimkan melalui email dummy.deepublish@gmail.com.
7. Setelah tidak ada revisi baik cover ataupun layout buku, maka PIC akan menyampaikan terkait harga produksi buku dan penulis diminta untuk melakukan pembayaran lunas atau DP (down payment) minimal 50% sebelum proses cetak. Jika melakukan pembayaran DP, penulis wajib membayarkan sisa pembayaran setelah buku diterima.
8. Proses selanjutnya apabila penulis sudah melakukan transaksi pembayaran maka akan dilanjutkan untuk proses pengajuan ISBN. ISBN akan keluar minimal 5 hari kerja.
9. Setelah ISBN keluar maka naskah siap dicetak. Penjadwalan cetak dan jumlah cetak disesuaikan dengan kebutuhan penulis. Estimasi waktu pengerjaan untuk cetak buku hitam putih 14 hari dan berwarna 21 hari (tergantung antrian).
10. Pengiriman buku dilakukan setelah selesai cetak dengan lama pengiriman sekitar 3-4 hari.
            Berikut kami lampirkan:
·  Formulir Penulis, Formulir Spesifikasi Buku, dan MOU
·  Company Profile Penerbit Deepublish
·  Program Paket Investasi KUM
·  Buku Panduan Penerbitan Buku
·  FREE E-Book Cara Praktis Menulis Buku, Rahasia Menulis Buku Ajar, Pedoman  Menulis Buku Tanpa Plagiarisme, dan Buku Self Publishing 

Hal-hal terkait biaya:


Jumlah cetak disesuaikan kebutuhan Penulis dengan batas minimum. Penulis hanya dikenakan biaya produksi saja. Biaya produksi ditentukan sesuai dengan spesifikasi buku yang telah disempurnakan. Sedangkan untuk proses desain cover, layouting, proses ISBN, cetak dummy book, publikasi melaluonline marketing, dan e-book merupakan fasilitas dari kami (free).

Proses cetak dilakukan setelah pembayaran LUNAS atau DP min. 50% dan sisa pembayaran wajib dibayarkan penulis setelah buku diterima.
Jumlah Cetak (eks)
Kisaran biaya cetak per satuan buku (100 halaman, cetak hitam-putih)
A4
B5/Unesco
A5/Novel
10 – 20
@164.000 - @133.500
@156.500 - @120.500
@137.500 - @88.000
21 – 35
@106.500 - @101.000
@96.500 - @91.500
@70.500 - @67.000
36 – 49
@76.000 -  @74.500
@69.000 - @67.500
@50.500 - @49.500
50 – 200
@61.500
@55.500
@41.000
201 – 500
@53.500
@48.500
@35.500
501 – 1000
@44.000
@39.000
@29.500
1001 - 1500
@33.000
@31.000
@24.000
>1500
@31.500
@28.000
@22.500

Catatan: Biaya di atas hanyalah contoh prediksi saja dengan spesifikasi buku 100 halaman, cetak hitam-putih. Jika terdapat halaman warna ada penyesuaian biaya per halaman warna tergantung jumlah halaman warna tersebut. Dengan kata lain, biaya di atas hanya sebagai estimasi. Biaya pasti dihitung setelah naskah dan cover fix dan spesifikasi buku (jenis kertas, jumlah halaman hitam putih serta warna, ukuran buku, dan jumlah cetak) diketahui.

Terkait penerimaan royalti bagi penulis, setiap buku yang terjual dari website dan media penjualan Penerbit Deepublish lainnya akan diberikan 15% dari harga jual buku tersebut. Hasil royalti akan disampaikan ketika royalti mencapai minimal 500.000 dan akan ada pelaporan royalti setiap 6 bulan sekali apabila ada buku yang terjual.

Proses penerbitan buku dapat terlebih dahulu mengisikan formulir berkas terlampir:
1. Formulir Penulis
2. Spesifikasi Buku
3. Surat Perjanjian (MoU)


Semoga bermanfaat.

Berikut beberapa hal terkait panduan penulisan buku, penerbitan buku dan lain-lain yang bisa dipelajari.

Buku Panduan Menulis Buku


Cara Praktis Menulis Buku

Cara Praktis Menulis Buku

Self Publishing

Pedoman Menulis Buku Tanpa Plagiarisme

Paket Untuk Dosen
Advertisement

0 Comments


EmoticonEmoticon