RUANG LINGKUP TUGAS SEKRETARIS

 


Pada zaman modern seperti sekarang ini, seorang pimpinan perusahaan, instansi atau kantor karena keterbatasan kemampuan serta banyaknya pekerjaan yang harus ditanganinya, diperlukan bantuan staf yang mampu menangani kegiatan korespondensi (surat menyurat), penyimpanan dokumen atau arsip, mengatur rapat, melayani tamu pimpinan ataupun menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan pimpinan untuk kelancaran tugasnya. Staf yang bertugas membantu pimpinan untuk kelancaran tugasnya. Staf yang bertugas membantu pimpinan tersebut sering disebut dengan sekretaris.

Pada masa lalu profesi sekretaris kurang memberikan citra positif. Profesi tersebut membuat pembicaraan yang cenderung melecehkan profesi sekretaris, biak itu di dalam kantor ataupun di luar kantor. Seorang perempuan yang masih muda dengan gaya dan dandanan yang menor dengan pakaian yang seksi, yang perilakunya sering menggoda manajernya, itulah gambaran sekretaris masa lalu. Sekretaris hanya dituntut penampilan fisik yang menarik, cantik atau seksi, sedangkan kemampuan yang menyangkut pekerjaan seorang sekretaris itu sendiri kurang diperhatikan.

Namun pada masa sekarang, jabatan sekretaris merupakan jabatan yang penuh tantangan dan menuntut tingkat profesionalisme yang tinggi. Para eksekutif memandang jabatan sekretaris sangat penting dan terkadang malahan sebagai simbol gengsi manajer atau perusahaan. Seorang sekretaris harus mampu mengikuti irama gerak kerja pimpinannya dan harus mampu melayani kebutuhan pimpinannya sangat cepat, tepat dan efisien. Oleh karena itu dalam bekerja seorang sekretaris harus didukung dengan pengetahuan dan kemampuan akademik yang memadai, kepribadian yang menarik serta memiliki motivasi yang tinggi untuk mengembangkan dirinya agar dapat melaksanakan pekerjaan secara profesional. Sekretaris diharapkan mempunyai keterampilan dasar (skill) yang memadai, sikap (attitude) maupun pribadi yang menyenangkan, pengetahuan yang luas (general knowledge), serta menguasai pekerjaan yang berhubungan dengan kesekretarisan. Oleh karena itu tidaklah mengherankan jika profesi kesekretarisan diminati oleh banyak kalangan karena menjanjikan pekerjaan serta profesi yang menjanjikan.


Manfaat praktis dari mempelajari materi tentang ruang lingkup tugas sekretaris ini adalah Anda akan mendapatkan pemahaman mengenai apa yang sebenarnya menjadi tugas seorang sekretaris. Selain itu juga Anda akan memahami mengapa seorang sekretaris harus memahami etika dalam berkomunikasi maupun berhubungan dengan tamu, terutama mereka yang akan bertemu dengan pimpinan organisasi atau perusahaan. Anda juga akan memahami bagaimana kepribadian yang sebaiknya harus ditunjukkan agar seorang sekretaris dapat bergaul atau dapat menyenangkan bagi orang yang melihat atau berhubungan.

Demikian pembahasan awal tentang ruang lingkup tugas sekretaris. Pada pembahasan selanjutnya, akan kami uraikan terkait : Pengertian dan Tugas Sekretaris, Etika dan Kepribadian Sekretaris.

Semoga pembahasan ini bermanfaat bagi kita semua dan akan membawa lebih luas lagi pandangan kita tentang seluk beluk kesekretarisan



Advertisement

0 Comments


EmoticonEmoticon