SEKRETARIS PERUSAHAAN

 SEKRETARIS PERUSAHAAN 


Berbeda dengan jabatan sekretaris yang nanti akan dibahas dalam modul ini, sekretaris perusahaan (corporate secretary) bukanlah sekretaris yang memberikan pelayanan klerikal sebagai asisten pimpinan dalam bidang perkantoran. Corporate secretary atau sering disebut dengan Sekretaris Perusahaan mempunyai peran dan tanggung jawab yang berbeda dengan sekretaris biasa atau sekretaris pribadi. 

Ada dua fungsi yang biasa dilakukan oleh seorang corporate secretary, yaitu

1. Compliance Officer Tugas seorang sekretaris yang menjabat compliance officer, antara lain:

a. memastikan implementasi anggaran dasar perusahaan, peraturan pasar modal, dan peraturan pemerintah dalam perusahaan; 

b. membuat interpretasi yang jelas mengenai penerapan dari peraturanperaturan yang berhubungan dengan kegiatan perusahaan.


BACA JUGA : KEPRIBADIAN SEORANG SEKRETARIS


2. Public Relations Officer pada umumnya, jabatan sekretaris ini diperlukan oleh perusahaan yang sedang mempersiapkan diri untuk go public, dengan perannya sebagai penghubung antara perusahaan dengan masyarakat atau investor. Seorang corporate secretary dituntut mempunyai wawasan yang luas dan memahami dengan baik seluk-beluk perusahaan. Adalah menjadi tugas dan tanggung jawab seorang corporate secretary untuk memahami segala sumber dan dampak masalah yang dihadapi oleh perusahaan dan kemudian memberikan informasi yang utuh tentang perusahaan kepada pihak-pihak lain yang membutuhkannya. 

Tugas corporate secretary yang lainnya adalah menyampaikan garis besar prospek perusahaan secara terbuka, termasuk risiko usaha yang dihadapi perusahaan untuk memperkecil risiko tersebut. Hal-hal yang harus disampaikan dan dikomunikasikan kepada pihak luar, misalnya detail keuangan dan akunting yang berkaitan dengan strategi pemasaran, gambaran mengenai kebijakan pengembangan sumber daya manusia, atau proses produksi yang dijalankan perusahaan, semua tersebut disampaikan kepada masyarakat terutama kepada para pemodal. Anda dapat mengambil kesimpulan dari penjelasan tersebut? Saya yakin Anda sudah semakin paham. Nah bagaimana dengan peranan sekretaris? 

Advertisement

0 Comments


EmoticonEmoticon