PENGERTIAN DAN TUGAS SEKRETARIS

PENGERTIAN DAN TUGAS SEKRETARIS



Pengertian dan Tugas Sekretaris

Apabila kita membicarakan atau membahas sesuatu yang berhubungan dengan pengertian sekretaris maka kita akan diarahkan untuk mempelajari sesuatu yang sangat mendasar. Oleh karena itu, sebelum kita mendalami lebih jauh bidang kesekretarisan maka kita diharapkan untuk mengerti konsep-konsep awal pengetahuan kesekretarisan tersebut. Dengan demikian, dalam memahami pengertian dan tugas sekretaris maka Anda diharapkan dapat menguasai kemampuan berikut :

1. Menjelaskan pengertian sekretaris.

2. Menjelaskan macam sekretaris.

3. Menjelaskan apa yang dimaksud sekretaris perusahaan.

4. Menjelaskan peranan sekretaris.

5. Ruang lingkup tugas sekretaris.

Untuk menguasai kemampuan yang dituntut dalam memahami pengertian dan tugas sekretaris tersebut maka baca dan pahami materi yang diuraikan selanjutnya. Luangkan waktu dengan memadai sehingga Anda benar-benar dapat menangkap apa yang diuraikan dalam bagian ini.  Untuk istilah sekretaris berasal dari bahasa Latin secretum yang berarti rahasia, serta secretarium, yaitu seorang petugas atau pejabat yang diberi kepercayaan untuk menyimpan rahasia. Kata atau istilah sekretaris yang dikenal dan sering digunakan dalam percakapan sehari-hari diperkirakan berasal dari bahasa Belanda “secretaries” manakala Belanda sangat lama menjajah dan mempengaruhi aspek sosial, budaya, politik, dan ekonomi Indonesia. Sementara itu, secretary dalam bahasa Inggris berasal dari kata secret yang juga berarti rahasia. Dari pengertian tersebut maka sekretaris dapat didefinisikan sebagai seorang petugas atau pejabat yang dipercaya untuk menjaga kerahasiaan, terutama rahasia pimpinan dan rahasia perusahaan.  Sebelum Anda memasuki bahasan mengenai pengertian dan tugas seorang sekretaris, coba simak ilustrasi berikut ini yang akan memberikan pemahaman secara menyeluruh kepada Anda mengenai pengertian serta tugas seorang sekretaris.

Dalam sebuah adegan film terlihat seorang perempuan di dalam suatu ruangan kerja, yang bersebelahan dengan kamar kerja orang lain. Perempuan itu sedang menghadapi sebuah komputer, dan nampaknya sedang mengetik di mana tangannya menekan keyboard dengan cepat dan lancar. Nampaknya, dia sudah terbiasa melakukan pekerjaan mengetik di komputer tersebut. Kemudian pintu di sebelahnya, yang ternyata merupakan pintu seorang pimpinan perusahaan, terbuka dan muncul seorang pria yang menggunakan baju jas, berdasi, dan sangat rapi. Pria itu kemudian menyodorkan sebuah map kepada perempuan tersebut sambil mengatakan sesuatu. Perempuan tersebut mengangguk, kemudian meletakkan map tersebut di atas mejanya. Dalam suatu adegan lain, tergambar seseorang sedang memimpin rapat dalam suatu ruangan khusus, yang dihadiri oleh beberapa peserta rapat. Pimpinan rapat tersebut dandannya nampak rapi dengan menggunakan jas, berdasi, serta terlihat berwibawa. Terlihat pembicaraan serius dalam rapat tersebut. Pimpinan rapat menjabarkan penjelasannya di dalam suatu layar monitor sehingga seluruh peserta melihat dengan jelas hasil paparan pimpinan sidang tersebut. Timbul berbagai komentar serta pertanyaan-pertanyaan. Kemudian, dari adegan dalam ruang tersebut beralih ke adegan lain yang memunculkan nama kantor di mana rapat tersebut diselenggarakan. Kantor tersebut bertuliskan: Sekretaris Daerah. 

Kedua adegan tersebut menggambarkan bidang tugas dan tanggung jawab yang berbeda, tapi ada sisi yang sama dilihat dari namanya. Adegan perempuan tadi menggambarkan tugas dan perannya sebagai seorang sekretaris pimpinan yang menyelenggarakan tugas dan pekerjaan di bidang perkantoran atau tugas klerikal, misalnya mengetik atau mengarsipkan berkas-berkas. Dia hanya menerima tugas yang diberikan oleh pimpinan perusahaan. Oleh karena itu, peran dan tanggung jawab perempuan tersebut tidak besar dan tidak berhubungan dengan pengambilan keputusan. Berbeda dengan yang pertama, pada adegan kedua, orang yang memimpin rapat tersebut mempunyai tugas penting karena berhubungan dengan fungsi manajemen, misalnya fungsi perencanaan. Namun, orang tersebut dapat dikatakan sebagai seorang sekretaris, tetapi peran yang berbeda dengan peran sekretaris pimpinan. Sesuai dengan namanya, yaitu sekretaris daerah, dia mempunyai tugas yang sangat penting dalam rangka menyelenggarakan fungsi pemerintahan dalam bidang ketatausahaan. Namun, aspeknya tidak hanya bersifat klerikal, tapi luas lagi karena menyangkut fungsi pengambilan keputusan, yang tidak dimiliki oleh sekretaris pribadi atau sekretaris pimpinan perusahaan. Dengan kedua ilustrasi tersebut, diharapkan Anda dapat lebih memahami adanya nama yang hampir sama, tetapi mempunyai tugas dan tanggung jawab yang berbeda.

Baca Selanjutnya : PENGERTIAN SEKRETARIS 


Apa yang dapat Anda tangkap dari ilustrasi tersebut? Saya yakin pasti Anda akan memahami bahwa sesuai dengan perubahan waktu maka tugas seorang sekretaris menjadi bertambah, tidak lagi hanya bertugas menjaga kerahasiaan pekerjaan pimpinan ataupun perusahaan, namun juga pekerjaan tata usaha terutama yang berhubungan dengan tugas pimpinan perusahaan seperti menyelenggarakan surat menyurat, menangani penyimpanan dokumen, menerima serta menyambungkan telepon masuk ataupun ke luar, mencatat perjanjian-perjanjian, menyiapkan rapat, ataupun menyiapkan keperluan dinas pimpinan, seperti penyiapan keberangkatan dan penginapan pimpinan.  Setelah Anda membaca dan memahami ilustrasi yang berhubungan dengan kesekretarisan maka coba simak lebih lanjut bacaan berikut ini sehingga Anda memahami lebih mendalam mengenai pengertian dan tugas sekretaris. 

Advertisement

0 Comments


EmoticonEmoticon