PENUNJANG PENDIRIAN FOPPSI KABUPATEN DAN PROVINSI

Beberapa hal yang saya sampaikan ini adalah sebagai penunjang untuk pendirian organisasi FOPPSI di tingkat Kabupaten/Kota atau juga di tingkat Provinsi.

Hal ini juga terkait nantinya untuk keperluan mendaftarkan organisasi ke Kesbangpol setempat, agar kita bisa segera melengkapi dan bisa lebih mudah untuk diterima oleh petugas di kantor Kesbangpol.

Mari kita simak beberapa hal tersebut di bawah ini :
1. Sekretariat
Sekretariat sebagai basis taa kelola administrasi sangatlah diperlukan. Sekretariat memang sebaiknya bisa permanen dan milik sendiri. Namun karena kemampuan dalam pengadaannya yang menjadi kendala, mungkin baru bisa menggunakan bangunan dengan ijin pakai atau hak guna bangunan. Tentunya untuk kesempatan berikutnya, harus tetap mengusahakan agar bisa memiliki gedung sekretariat sendiri. Kepemilikan sekretariat ini akan memberikan kemudahan untuk melakukan koordinasi banyak hal dan juga untuk memberikan rasa nyaman bagi penyelenggara organisasi dan anggota.

2. Foto Sekretariat
Walaupun sekilas sepertinya tidak diperlukan adanya foto sekretariat, namun hal ini justru sangat penting dan menjadi persyaratan mutlak dalam pengurusan surat keterangan dari Institusi Kesbangpol, lho. Karena ada point yang menyebutkan tentang hal itu. Untuk foto sekretariat yang disyaratkan ada yang menyebutkan untuk dicetak ukuran post card dan ada pula yang menyaratkan dengan ukuran cetak A4. Mana yang diminta oleh Instansi Kesbangpol, itu yang kita ikuti.

3. Plang Nama Organisasi
Sebagai kelengkapan sekretariat, dibutuhkan adanya Plang Nama Organisasi di sekretariat tersebut. Karena dengan adanya plang nama, maka khalayak umum akan mengetahui dengan mudah bahwa di lokasi itu adalah kantor atau sekretariat organisasi. Jadi plang nama organisasi di sekretariat sangatlah penting adanya. Bagaiman dengan bentuk dan ukurannya? Plang nama organisasi FOPPSI dalam hal ini berbentuk persegi panjang dengan perbandingan ukuran standar 2 : 3 dengan warna dasar kuning.

Demikianlah beberapa hal penunjang pendirian organisasi FOPPSI di tingkat Kabupaten/Kota ataupun tingkat Provinsi. 

Semoga bermanfaat!
Advertisement

0 Comments


EmoticonEmoticon