MACAM-MACAM SEKRETARIS
1. Sekretaris
Pribadi Adalah sekretaris yang hanya
melaksanakan tugas-tugas dan fungsi kesekretarisan dari pimpinan atau
atasannya. Sekretaris pribadi bukanlah seorang manajer dan tidak mempunyai
bawahan. Jika seorang sekretaris digaji oleh orang perseorangan, misalnya
sekretaris seorang aktor maka ia disebut sebagai private secretary, sedangkan
apabila ia digaji oleh sebuah perusahaan maka ia disebut dengan personal
secretary.
BACA SELANJUTNYA : SEKRETARIS PERUSAHAAN
2. Sekretaris
organisasi/eksekutif Yaitu sekretaris yang dalam perusahaan mengepalai suatu
unit tertentu (sekretariat). Sekretaris yang sudah menduduki jabatan ini
biasanya mempunyai pengalaman yang cukup lama sebagai senior sekretaris dan
memiliki kelebihan-kelebihan tersendiri, mengingat ia adalah seorang manajer
untuk unitnya, mempunyai bawahan yang sering harus membuat suatu kebijakan
untuk ke seluruh pekerjaan kesekretarisan di perusahaan atau organisasi.
Sekretaris seperti dijelaskan di atas juga dapat dikatakan sebagai seorang
sekretaris yang berfungsi sebagai manajer serta melakukan fungsi manajemen,
seperti perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan. Sekretaris
eksekutif mempunyai anak buah dan berada dalam suatu unit organisasi tertentu,
misalnya Sekretariat Jenderal, Sekretaris Kabinet, Sekretaris Daerah. Pada
umumnya, macam sekretaris masih sering disalahpersepsikan oleh sebagian
masyarakat sehingga menimbulkan kebingungan tentang peran dan tugas seorang
sekretaris, seperti istilah sekretaris eksekutif/executive secretary, sering
disalahartikan. Executive secretary dianggap sebagai seorang sekretaris yang
melayani seorang eksekutif. Banyak orang menuliskan di koran-koran atau media
lainnya seperti “membutuhkan seorang sekretaris eksekutif” dengan harapan
perusahaan tersebut memperoleh seorang sekretaris yang berkualitas dan
berpengalaman. Yang akan diuraikan dalam modul ini adalah tugas sekretaris
pribadi dan bukan sekretaris eksekutif karena lebih banyak membahas aspek-aspek
yang berkaitan dengan tugas seorang sekretaris dalam rangka membantu pimpinan
perusahaan atau perkantoran agar tugas pimpinan dapat berjalan dengan efektif,
terutama yang menyangkut surat menyurat, pengurusan keperluan rutin pimpinan,
persiapan rapat, atau pengagendaan pertemuan dengan pimpinan. Untuk memudahkan
Anda dalam mempelajari kesekretarisan lebih lanjut dan tidak membingungkan
dalam menggunakan pengertian sekretaris maka dalam modul ini yang dijelaskan
adalah pengertian sekretaris yang cenderung ke arah pengertian sekretaris
sebagai sekretaris pimpinan atau sekretaris pribadi (personal secretary).
Penjelasan mengenai sekretaris eksekutif (misalnya Sekretaris Kabinet,
Sekretaris Jenderal) karena merupakan peran seorang manajer atau pimpinan,
tidak dibahas di modul ini, tetapi lebih banyak dibahas di modul yang lain.
Anda dapat memberikan contoh yang lain untuk menunjukkan apakah sekretaris
tersebut merupakan sekretaris pribadi atau sekretaris eksekutif? Jika Anda
dapat memberikan contoh yang lain maka saya yakin Anda memahami materi yang
telah diuraikan tadi.
Coba perhatikan penjelasan berikut ini apakah sudah tertanam
dalam pikiran Anda mengenai pengertian sekretaris perusahaan. Mudah-mudahan
Anda memahami konsep tersebut, tetapi apabila belum, kaji penjelasan berikut.
0 Comments
EmoticonEmoticon