CARA MENGELOLA FILE ELEKTRONIK DENGAN MUDAH

CARA MENGELOLA FILE ELEKTRONIK DENGAN MUDAH.
Apakah penting perlu dilakukan pengelolaan file-file yang kita miliki? Seberapa pentingnya pengelolaan file-file sehingga perlu dilakukan dengan benar-benar teliti dan penuh perhitungan?

Pada saat ini, penggunaan file yang berkaitan dengan kehidupan kita sehari-hari sudah tidak bisa dipungkiri lagi, sangat sering kita lakukan. Secara sadar atau tidak bahwa dalam keseharian kita telah melakukan banyak pengelolaan file baik berbasis kertas, maupun yang berbasis elektronik.

Di dalam kegiatan sehari-hari terkadang kita mengabaikan beberapa hal terkait bagaimana agar file yang kita gunakan itu bisa dengan mudah dicari kembali saat kita sedang membutuhkan dalam waktu yang singkat. Meletakkan file di sembarang tempat sering kita lakukan. Apalagi berupa file kertas. Padahal apabila file tersebut dipindahkan oleh orang lain yang merasa bahwa penempatannya kurang tepat, file kertas tersebut bisa saja dipindahkan ke tempat yang lebih aman. Namun  mungkin setelah itu, kitalah yang akan mengalami kesulitan saat kita membutuhkannya kembali. Karena mungkin kita akan mencari file tersebut, sementara orang yang telah menyimpan di tempat aman tadi sedang tidak ada di tempat. Pada inti pengelolaan file adalah dapat ditemukan kembali dengan mudah saat kita mencarinya. 

Baiklah, di kesempatan ini saya tidak akan berbicara panjang lebar untuk membahas cara sederhana menyimpan file elektronik. Ada beberapa cara yang sederhana dan gratis tanpa banyak mengeluarkan biaya. File apa saja yang bisa kita simpan? Lalu bagaimana caranya?

Untuk menyimpan file elektronik, tentunya dari dokumen berupa kertas, harus dipindahkan dalam bentuk elektronik. Caranya? Siapkan dokumen atau file kertas saudara, siapkan alat scaner. Lakukan proses scaner untuk tiap-tiap dokumen kertas yang akan disimpan dan jangan lupa berikan nama file yang mudah diingat agar saudara tidak kesulitan menemukan kembali file tersebut saat dibutuhkan.

Lalu apalagi yang dibutuhkan? Apabila kita hanya akan menyimpan file elektronik di local komputer kita, tentunya cukup saudara buat folder-folder yang sudah sering saudara lakukan. Namun apabila kita akan menyimpannya dalam jaringan online, tentunya yang kita butuhkan adalah jaringan internet dan kuota datanya. Dan juga sebuah acount google. Karena dalam kesempatan ini, yang saudara butuhkan hanya acount google. Sebab pada kesempatan ini saya akan membahas penggunaan google drive. Sekarang saudara bisa langsung masuk ke web google untuk mengakses google drive dengan klik di Sini

Baiklah mari kita ke step berikutnya!

Setelah saudara masuk ke https://www.google.com/drive/

Setelah itu saudara tinggal mengisikan acount google 
Cara Menyimpan File di Google Drive

dan paswod yang saudara gunakan. 

Cara Menyimpan File di Google Drive

Nah sekarang anda sudah masuk ke dashboard Drive anda, beginilah tampilan google drive anda tidak banyak file yang ada di sana karena masih baru.
Cara Menyimpan File di Google Drive

Oke, selanjutnya kita akan masuk pada inti pembahasan kita yaitu bagaimana cara simpan file di google drive. Dalam hal ini, anda bisa memasukkan file apa saja asal tidak melebihi kapasitas, di sini saya akan mencoba menyimpan foto (gambar).

Cara menyimpan file di google drive dari Computer


Dari halaman dashboard Drive Anda klik “my drive”, kemudian klik “Uploud File”

Cara Menyimpan File di Google Drive

Kemudian pilih file dalam computer anda yang akan anda simpan di google drive anda.

Cara Menyimpan File di Google Drive

Tunggu hingga proses Uploud file selesai, makin besar kapasitas file yang anda uploud prosesnya akan semakin lama.

Cara Menyimpan File di Google Drive

Setelah selesai, anda bisa melihat file yang anda simpan tadi sudah berada di Drive anda.

Cara Menyimpan File di Google Drive


Bila file anda sudah penuh dan kapasitas google drive anda tinggal sedikit, lebih baik anda hapus file – file yang sudah tidak anda butuhkan lagi. Atau anda bisa juga mengupgrade kapasitas Drive anda dengan membayar tarif tiap bulan, besarnya tergantung kapasitasnya.

Di google drive ini, anda juga bisa membuat sebuah folder dan memindahkan file anda ke dalamnya. Untuk membuat sebuah folder di google drive klik lagi “My drive” kemudian klik “New Folder”

Cara Menyimpan File di Google Drive

Kemudian silahkan beri nama folder anda kemudian klik “create”

Cara Menyimpan File di Google Drive

Cara Menyimpan File di Google Drive

Cara memindahkan file ke dalam folder anda sama seperti ketika anda memindahkan file ke dalam folder di windows explorer. Anda bisa klik kanan pada file yang akan anda pindahkan kemudian pilih “move to ….”

Cara Menyimpan File di Google Drive

Lalu kemudian klik folder mana yang akan dijadikan untuk menyimpan file tersebut.

Cara Menyimpan File di Google Drive

Atau cara yang paling cepat adalah dengan klik file tahan kemudian drag menuju folder yang akan dituju kemudian lepaskan. 


Baiklah, sementara sampai di sini dulu yang saya sampaikan. Semoga saudara tidak perlu lagi repot menyimpan file-file kertas yang menumpuk di meja atau lemari. Semoga bermanfaat.


Advertisement

0 Comments


EmoticonEmoticon