TIPS TETAP SEHAT BEKERJA DI DEPAN KOMPUTER


Banyak menghabiskan waktu di depan komputer? Cek kembali posisi duduk Anda di depan monitor dan meja komputer. Posisi yang benar akan mengurangi rasa sakit pada tubuh, terutama punggung.
Bagian paling atas layar komputer sebaiknya berada di bawah mata sehingga arah pandang mata tetap ke bawah. Cara ini memberi sikap rileks kedua mata dan mampu mencegah sakit tegang pada mata dan sakit kepala.
Bagaimana dengan posisi lengan? Letakkan kedua lengan di sebelah tubuh Anda, setidaknya dalam posisi menekuk 90 derajat ketika mengetik. Sesekali gerakkan kursi ke arah dalam atau keluar meja.
Lalu, posisi bahu sebaiknya jatuh ke bawah dan usahakan tetap rileks. Jika posisi bahu membuat lelah leher ini berarti kursi Anda terlalu pendek. Segera sesuaikan tinggi kursi dan meja komputer.
Posisi kedua kaki yang benar adalah menapak tanah ketika duduk. Jika tidak dapat menjangkau, letakkan tumpukan buku di bawah kaki. Tidak lupa menjaga jarak punggung dan meja agar tidak terlalu membungkuk ke depan atau terlalu ke belakang supaya tidak membuat sakit tulang belakang. Punggung bagian bawah sebaiknya menyentuh kursi sepenuhnya. Ingat, posisi tubuh dari pinggul hingga kepala harus tetap tegak. 
BACA JUGA sekilas tentang FOPPSI di SINI
Pengalaman ini sudah saya jalani dalam rentang waktu yang lama, sehingga saya juga sangat sering merasakan sakit pada pinggang, pundak,  mata, dikarenakan terlalu lama bekerja di depan layar komputer. Bahkan dengan jam kerja sebagai operator pendataan yang terkadang harus bekerja secara ekstra untuk menyelesaiakan suatu tanggung jawab, banyak mengabaikan kesehatan diri sendiri. 
Bahkan saya sudah pernah merasakan satu minggu tidak bisa bangun dari tempat tidur dikarenakan kondisi sakit pada persendian tulang belakang. Disebabkan duduk dalam waktu yang lama dan mengabaikan minum air putih dengan jumlah yang cukup.
Jadi sebaiknya mulai dari sekarang, jaga betul kondisi tubuh saudara saat bekerja di depan layar komputer apalagi dalam waktu yang melebih batas kewajaran. Usahakan selalu menyandarkan punggung saudara dengan benar dan tegak, jangan membiasakan untuk bekerja dengan kondisi punggung tidak bersandar. Karena saudara akan merasakan kelelahan yang amat sangat dan bahkan mungkin juga bisa menyebabkan sakit punggung dan leher secara permanen.
Kemudian saya juga menyarankan agar dalam waktu tertentu, bangunlah dari duduk terlebih dahulu untuk berjalan beberapa langkah untuk melemaskan otot kaki, otot punggung, otot pundak dan tentunya otot mata. Dan yang lebih penting lagi, jangan membiasakan diri untuk bekerja di depan layar komputer sambil tiduran.
Menjaga justeru lebih baik bukan dari pada setelah sakit baru menyesal. Untuk yang sering begadang di depan layar komputer, menurut pengalaman saya, sebaiknya kondisi ruang jangan terlalu gelap dikarenakan bila terlalu gelap akan bisa mengakibatkan mata menjadi cepat  lelah dikarenakan sinar dari layar langsung mengenai mata. Dan ini akan mengakibatkan mata menjadi terganggu kesehatannya. Untuk itu jangan lupa, biasakan juga mengkonsumsi vitamin untuk kesehatan mata saudara. Memberikan obat tetes mata juga bisa membantu untuk menjaga mata tetap terasa nyaman.
Demikian tips sehat bekerja di depan layar komputer berdasarkan pengalaman priadi dari saya. Saran saya, kalau bukan kita yang perduli pada tubuh kita sendiri, lalu siapa lagi yang akan memperdulikannya. Semoga bermanfaat. 
Advertisement

1 Comments:

Trims untuk ilmunya, kunjungan balik ya ke blog saya di :
https://agresblog.blogspot.com/
Jika mau mampir ke toko onlinenya juga boleh,
Klik untuk cek toko onlinenya > Toko Komputer Online Terpercaya


EmoticonEmoticon