DAPODIKDASMEN 2018b AKAN RELEASE

Info terbaru tentang akan diluncurkannya aplikasi dapodikdasmen 2018b, hampir menyita perhatian dari ratusan ribu petugas pendataan atau operator pendataan pendidikan. Banyak sekali perkiraan-perkiraan yang sudah mewarnai dunia perdebatan dan sasana tukar wawasan dan beradu saling asah pengetahuan dan keterampilan.

Hampir setiap pembaharuan selalu disertai hal baru yang terkadang memicu bermunculannya argumentasi dan terkadang juga menimbulkan silang pendapat dalam peekiraan penerapannya. Hal ini disebabkan karena setiap pembaharuan selalu harus disertai dengan diperlukannya data-data penunjang yang baru dan harus dicari jalan keluar agar data-data yang diperluka  tersebut bisa terpenuhi. Tidak jarang dikarenakan hal baru yang ditemui, membuat pelaku atau petugas yaitu operator pendataan pendidikan harus putar otak dan bekerja keras dengan melibatkan banyak pihak yang terkait dalam satu unit kerja untuk membantu mempersiapkan segala data perubahan tersebut.

Begitu pula halnya dengan yang saya lakukan, saymengajarkan cqranya pada siswa dan  walikelas tinggal menerika hasil dari pencarian siswa.
Kemudian direkap dan saya minta untuk scqra kolektif dikumpulkan.

Namun ada hal yang kemudian kembuat saya lebih tenang yaitu kemungkinan besar aplikasi dapodikdasnen sudah menyertakan database koordinat dngan rinci untuk seluruh lokasi di kepulauan Indonesia dalmlam databasenya.sudah mempersiapkan sejak kemarin lusa yaitu tentang adanya pembaharuan fitur lintang dan bujur pada data PTK dan data siswa. Hal yang saya lakukan adalah dengan memberikan info dan secara bersama belajar mencari titik koordinat dari masing-masing ptk yang ada di unit kerja saya dengan menggunakan aplikasi google map di hp android masing-masing. Dan dengan bersemangatnya bapak dan ibu guru belajar bersama dengan perlahan-lahan. Caranya agar memudahkan, saya sertakan link dari blog saya yang mengulas bagaimana cara mudah mencari titik lintang dan bujur. Untuk mengetahuinya, silahkan klik di SINI. Setiap ada yang bertanya, selalu saya sampaikan, baca tutorialnya di blog saya ya bapak dan ibu. Dengan cara tersebut, hanya dalam hitungan tidak lebih dari satu jam, saya sudah bisa mendapatkan hampir 100% data dari jumlah 60 orang PTK. 

Dengan praktek langsung tersebut, kemudian juga saya sampaikan agar nanti bapak dan ibu wali kelas juga mempraktekkan pada siswa-siswinya agar bapak dan ibu wali kelas bisa membantu memperoleh data siswa terkait hal tersebut. Katena bila dilakukan sendiri untuk jumlah siswa 705 orang, tentu sangatlah susah diperoleh data dengan cepat. Kepada bapak dan ibu guru wali kelas juga saya berikan  teknik untuk mengumpulkan data dari siswa-siswi secara langsung dengan cara setiap siswa mengirim data lintang bujur kepada wali kelas dan akan direkap untuk diinputkan.

Mengenai akan rilisnya aplikasi dapodikdasmen terbaru, silahkan langsung menuju TKP di web http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan

Kemudian mungkin bila saudara, silahkan baca di TRIK MENCARI LINTANG DAN BUJUR ALAMAThttps://basukirakhmad.blogspot.co.id/2018/01/trik-mencari-lintang-dan-bujur-alamat.html

Namun ada yang menggelitik pikiran saya ketika admin dari Kemendikbud yaitu Bapak Yusuf Rokhmat mengetahui betapa banyaknya ulasan di media sosial terkait hal tersebut, beliau menyempatkan komentar :
"Mudah kok ngisi nya ga perlu visit ke rumah siswa. Sperti hal nya google map."
"Ga perlu hp. Ada fitur nya sendiri."
"Searching map sudah di sediakan. Tinggal klik tagging titik."

Jadi intinya, semua pasti ada kelengkapan yang disertakan dalam aplikasi, namun karena perubahan-perubahan selalu ada, memang tidak ada salahnya, semua mencari cara untuk mempersiapkan diri apabila nanti, tahu-tahu ada masalah di tengah jalan. 

Untuk belajar mencari derajat lintang dan bujur, silahkan juga baca 

Kerjakan apa yang mampu dikerjakan terlebih dahulu sambil melihat situasi, bila ada masalah dalam prosesnya, sudah bisa mencari terobosan untuk mengatasinya. Dan mungkin dalam pekerjaan ini saudara akan banyak menemukan hal-hal yang terkait dengan upah atau pendapatan dan gaji, mari kita semua berusaha agar bisa mendapatkan yang lebih pantas dari saat ini, dimana rata-rata operator yang masih honorer mendapatkan upah di bawah UMR. Namun mari tetap bekerja secara profesional dan tetap sabar.

Selamat menunggu kelahiran aplikasi dapodikdasmen, dan saran saya, tidak perlu berebutan dalam mengunduhnya. Berikan space kepada rekan yang mungkin memang akses internetnya masih belum stabil. Dan jangan lupa untuk berbagi bila sudah mendapatkan unduhan, melalui link-link lepas yang bisa memudahkan rekan lain.


Silahkan baca juga Juknis Dapodikdasmen 2018b di SINI

Semoga hari ini, yang saudara tunggu akan muncul di permukaan. Terima kasih dan selamat menikmati tantangan baru kawan.


UNDUH JUKNIS DAPODIKDASMEN 2018b DI SINI
Advertisement

1 Comments:

KISAH CERITA SUKSES SAYA JADI PNS GURU DI JAWA TIMUR

YANG HANYA BISA DI PERCAYA
BPK DR HERMAN M. SI

Sumpah demi allah ini kisah cerita nyata saya jadi PEGAWAI NEGERI SIPIL

Alhamdulillah berkat bantuan BPK DR HERMAN M. SI beliau selaku DIREKTUR APARATUR SIPIL NEGARA di BKN pusat yang telah membantu saya jadi PNS, Nomor hp bpk DR HERMAN M. SI hp: 0853-2174-0123

Assalamu Alaikum wr-wb,Mohon maaf mengganggu waktu dan aktifitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui pesan singkat dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS k2 tahun 2014, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 5 kali mengikuti ujian, tidak pernah lolos bahkan saya sempat putus asah, namun teman saya memberikan no telf Bpk DR HERMAN M. SI yang bekerja di BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 beliau sebagai DIREKTUR APARATUR SIPIL NEGARA yang di kenalnya di bkn jakarta dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui alamat kantor beliau, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa, Hubungi Bpk dr herman m. Si , siapa tau beliau bisa bantu. Wass...


EmoticonEmoticon