MUNGKINKAH TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH MENDAPATKAN REMUNERISASI?


Sebuah harapan baik, keinginan yang menuju arah kebaikan, yang secara sadar ataupun tidak sadar terpikirkan bahkan terucapkan, terkadang tanpa kita sadari dalam jangka waktu tertentu menjadi suatu kenyataan. Kita baru menyadarinya setelah kita merenung dalam jangka waktu yang lama untu menyadarinya dan bertanya dalam hati, mengapa hal ini bisa terwujud? Di situ kemudian kita mulai mengurai dan menarik ke belakang atas apa yang telah menjadi kenyataan atas apa yang pernah kita pikirkan. Dan bergumam lirih, "Apa ini yang dulu pernah aku inginkan ya?"

Sama dengan harapan dan keinginan untuk menyatukan rekan operator sekolah yang jumlahnya dan lokasi tempat bertugasnya tersebar di seluruh Indonesia dan tidak bisa terjangkau dalam sekejap untuk berbicara langsung menyampaikan keinginan itu secara satu per satu. Namun alhamdulillaah, berkat kerja keras semuanya yang turut berjuang dari titik nol dengan penuh semangat dan ikhlas, hal itu sekarang sudah bisa mulai terwujud. Semua kembali pada keikhlasan dan keseriusan atas niat awal yang terus kita bangun dalam hati dan pemikiran yang mungkin saja hal itu menjadi do'a pengharapan positif yang mengalir pada diri kita.

Sama dengan beberapa tahun ke belakang, mungkin sejak tahun 2012, saya sudah punya keinginan agar tenaga administrasi sekolah (mungkin saat itu saya berpikir hanya yang pns), bisa memperoleh tambahan pendapatan seperti yang diperoleh oleh saudara kita abdi negara yang lain di lingkungan TNI/POLRI, dan juga dari departemen keuangan, kumham, yang sudah mendapatkannya terlebih dahulu. Hal itu sering saya sampaikan kepada teman sejawat saya, untuk juga punya pengharapan positif atas hal tersebut.

Lantas apakah keinginan itu sudah terwujud? Mungkin kami termasuk yang beruntung atas do'a-do'a baik yang telah diucapkan dan dimohonkan dalam setiap do'a, baik secara terucap atau hanya berupa simbol-simbol pengharapan. Karena Pemerintah Kota Madiun dengan perjuangan yang sangat panjang oleh Bp. Walikota dan Bp. Sekretaris daerah yang selama berbulan-bulan melakukan studi banding, presentasi kepada BPK, KPK dan pihak yang terkait, dan pada akhirnya, berkat usaha beliau, kabar baik itu kami dapatkan. Seluruh PNS di lingkungan Pemerintah Kota Madiun mulai tahun 2018 ini, mendapatkan Remunerisasi. Dari PNS golongan terendah sampai eselon yang paling tinggi. Dengan syarat utama, harus bekerja lebih baik dan lebih meningkat prestasinya. Mau memberikan pelayanan prima kepada seluruh masyarakat yang membutuhkan pelayanan. Di samping itu, kami harus berusaha untuk meningkatkan keprofesionalan atas tugas dan jabatan yang kami emban. Ucapan terima kasih tak terhingga atas perjuangan yang telah dilakukan oleh Bp. Walikota dan Bp. Sekda, sehingga kami bisa mendapatkan perbaikan atas penghasilan sebagai PNS agar bisa menyesuaikan dengan kondisi perekonomian yang saat ini terus meningkat kebutuhannya. Namun bukan berarti untuk konsumtif, tapi untuk lebih meningkatkan keterampilan dan profesiolitas dalam bidang pekerjaan sebagai abdi negara dan abdi masyarakat.

Nah, saat ini saya juga masih punya pengharapan yang sama untuk seluruh tenaga administrasi sekolah agar juga mendapatkannya. Tentunya semua kembali kepada pemerintah setempat dan kemampuan keuangan daerah. Namun akan berbeda lagi bila hal itu sudah menjadi kebijakan pusat. Dan tentunya harus disertai dengan peningkatan kinerja kita selaku abdi negara dan pelayan masyarakat.

Tulisan ini adalah menyambung yang sempat saya posting dalam media sosial pengharapan saya yaitu, "Kalau saja kemendikbud punya uang seperti uang yang diberikan kepada guru yang bersertifikasi dengan nama tunjangan profesi guru dan dana tambahan penghasilan untuk guru pns yang belum disertifikasi, lalu seluruh tenaga administrasi sekolah diberikan tunjangan berupa remunerisasi untuk meningkatkan profesionalitas, kompetensi dan pendidikan, pastilah akan sangat membangkitkan kebanggaan atas profesi rekan-rekan tenaga administrasi sekolah yang selama ini jarang tersentuh".
#mau_senyum_atau_nangis_ya

Semoga akan menjadi pengharapan baik bagi kita semua dan Tuhan yang Maha Kuasa akan mengijabahnya.

Penasaran Apa Itu Remunerasi?

Berikut kutipan yang saya dapatkan dari ulasan tentang Remunerisasi

Yuk Cek Disini


Banyak kalangan dikatakan sudah mendapat remunerasi. Kebanyakan dari pegawai yang mendapatkan sumber penghasilan tersebut yaitu PNS, Polri ataupun TNI. Namun tahukan apa itu remunerasi? Disini kami coba mengulas definisi dari remunerasi. Remunerasi dalam bahasa inggris disebut dengan remuneration. Menurut kamus An English-Indonesian Dictionary yang disusun oleh John M. Echols dan Hassan Sadily (Penerbit PT. Gramedia), Remuneration (kata benda) diartikan : (1) Pemberian upah, (2) upah, gaji. Remunerasi merupakan jumlah kompensasi secara keseluruhan yang diterima oleh pegawai atas hasil kerja atau jasa yang telah dikerjakannya. Jika Anda menganggap bahwa remunerasi sama dengan upah atau gaji, boleh jadi pendapat tersebut ada benarnya. Hal ini karena remunerasi sering diartikan secara umum sebagai suatu penghargaan yang berbentuk uang.

Jika diselidiki lebih lanjut, ternyata remunerasi bisa dikategorikan menjadi 2 bagian antara lain kompensasi dan komisi. Adapun keduanya sama-sama berfungsi untuk meningkatkan kinerja, efektivitas dan efisiensi seorang pegawai. Dengan pemberian remunerasi secara benar dan tepat sasaran, maka pegawai akan selalu termotivasi untuk memajukan dirinya dan perusahaan. Agar lebih jelas, kami uraikan secara singkat mengenai hal yang didapat seorang pegawai atau pekerja yang berkaitan dengan remunerasi.
 
KOMPENSASI
Kompensasi merupakan semua hal yang diterima oleh seorang pegawai baik dalam fisik ataupun non fisik. Hal tersebut dapat dihitung dan diberikan kepada pegawai. Biasanya pemberian tersebut adalah objek atau hal yang dikecualikan dalam pajak pendapatan. Dengan arti kata bahwa pemberian tersebut tidak terkena beban pajak.
GAJI
Gaji memiliki definisi sebagai sebuah imbalan yang diberikan kepada pegawai berdasarkan kurun waktu tertentu tanpa memperhatikan tingkat produktivitasnya. Kurun waktu yang dimaksud adalah harian, bulanan atau mingguan.
UPAH
Meski sepertinya sama dengan gaji, ternyata upah memiliki arti tersendiri. Upah mengandung pengertian imbalan yang diterima oleh seorang pegawai berdasarkan atau dihitung dari waktu yang tetap. Untuk hal ini biasa digunakan untuk istilah tarif per jam, tarif per artikel, tarif per dokumen dan semua yang kemungkinan bisa dihitung. Hal ini merupakan bagian dari apa itu remunerasi.
KOMISI
Mungkin sebagian besar sudah sedikitnya tahu akan hal ini. Komisi diartikan sebagai suatu imbalan yang diberikan kepada pegawai atau tenaga kerja dengan perhitungan persentase keuntungan atas sesuatu yang dijual. Istilah ini sering kita dengar di beberapa perusahaan marketing. Pemberian sebuah komisi bisa digabung dengan gaji atau kadang hanya menerapkan sistem komisi saja tanpa ada gaji.
Pengaruh besar kecilnya upah, gaji, kompensasi atau komisi dipengaruhi oleh struktur dan kondisi ekonomi sebuah wilayah atau daerah. Di beberapa negara kadang ada yang menerapkan remunerasi berdasarkan jenis kelamin atau ras.


Advertisement

1 Comments:

KISAH CERITA SUKSES SAYA JADI PNS GURU DI JAWA TIMUR

YANG HANYA BISA DI PERCAYA
BPK DR HERMAN M. SI

Sumpah demi allah ini kisah cerita nyata saya jadi PEGAWAI NEGERI SIPIL

Alhamdulillah berkat bantuan BPK DR HERMAN M. SI beliau selaku DIREKTUR APARATUR SIPIL NEGARA di BKN pusat yang telah membantu saya jadi PNS, Nomor hp bpk DR HERMAN M. SI hp: 0853-2174-0123

Assalamu Alaikum wr-wb,Mohon maaf mengganggu waktu dan aktifitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui pesan singkat dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS k2 tahun 2014, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 5 kali mengikuti ujian, tidak pernah lolos bahkan saya sempat putus asah, namun teman saya memberikan no telf Bpk DR HERMAN M. SI yang bekerja di BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 beliau sebagai DIREKTUR APARATUR SIPIL NEGARA yang di kenalnya di bkn jakarta dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui alamat kantor beliau, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa, Hubungi Bpk dr herman m. Si , siapa tau beliau bisa bantu. Wass...


EmoticonEmoticon